logo
Pengembangan Kurikulum

Pengembangan Kurikulum

Tujuan Pengembangan Kurikulum


  1. Merevitalisasi SMK/MAK sebagai lembaga pendidikan untuk penyiapan tenaga kerja tingkat menengah;

  2. Meningkatkan komitmen SMK/MAK, guru, komite sekolah, dunia kerja, dan Dinas Pendidikan Provinsi dalam peningkatan kualitas layanan, output, dan outcome pendidikan kejuruan di SMK/MAK.

  3. Meningkatnya kapasitas kepala sekolah, ketua kompetensi keahlian dan para guru dalam mengembangkan kurikulum implementatif yang sesuai dengan kebutuhaan sekolah dan stake holder.

  4. Menyisinkronkan kompetensi-kompetensi yang tertuang dalam standar isi ke dalam silabus dan menstrukturkan menjadi program pembelajaran kejuruan 3 dan 4 tahun.

  5. Dihasilkannya KTSP SMK/MAK implementatif di SMK/MAK sebagai program pembelajaran yang terdokumentasi dengan baik yang berisi antara lain visi, misi, tujuan, strategi pencapaian visi-misi, profil lulusan, SKL, struktur kurikulum, silabus, RPP.

  6. Digunakannya KTSP SMK/MAK secara konsisten sebagai acuan program pembelajaraan oleh semua guru.

  7. Dihasilkannya lulusan SMK dengan kualifikasi jenjang 2 KKNI untuk kompetensi keahlian SMK/MAK program pendidikan 3 (tiga) tahun dan jenjang kualifikasi 3 KKNI untuk kompetensi keahlian SMK/MAK program pendidikan 4 (empat) tahun.