logo
Pengembangan Teaching Factory

Pengembangan Teaching Factory

Pengembangan Teaching Factory
Konsep atau pendekatan pembelajaran teaching factory adalah praktek berbasis produk/jasa yang dilaksanakan di tempat prektek/workshop/ lab/lahan dengan kondisi, tatanan dan aturan yang berlaku di tempat kerja sebenarnya.
Adapun tujuan, Meningkatkan ketrampilan nyata dan utuh peserta didik serta membangun kesiapan dan karakter kerja anak didik sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajarinya selaras dengan kebutuhan dunia kerja yang dinamis.

Prinsip dasar TEFA:

  1. Pembelajaran beorientasi dan berbasis produk/jasa yang dibutuhkan/digunakan masyarakat pada umumnya.
  2. Pembelajaran dari tingkat I sampai tingkat III/IV dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan lulusan dengan kompetensi keahlian utuh sesuai (KK, SKKNI/KKNI).
  3. Perangkat pembelajaran khususnya praktek menggunakan perangkat/rancangan yang umum digunakan di tempat kerja sebenarnya dalam membuat produk/jasa.
  4. Pembelajaran beorientasi dan berbasis produk/jasa yang dibutuhkan/digunakan masyarakat pada umumnya.
  5. Pembelajaran dari tingkat I sampai tingkat III/IV dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan lulusan dengan kompetensi keahlian utuh sesuai (KK, SKKNI/KKNI).
  6. Perangkat pembelajaran khususnya praktek menggunakan perangkat/rancangan yang umum digunakan di tempat kerja sebenarnya dalam membuat produk/jasa.